RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUSDA PERBAUNGAN
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas /
Semester : X / I
Materi
Pokok :
Dasar Negara dan Konstitusi
Alokasi
Waktu :
2 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
1) Mengamalkan nilai – nilai
yang terkandung dalam pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2) Memahami pokok pikiran yang
terkandung dalam pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
3) Menyaji hasil telaah pokok
pikiran pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
C. Indikator :
1) Menjelaskan pengertian dasar
Negara dan Konstitusi.
2) Mampu menyebutkan isi
pembukaan Undang – Undang Dasar Tahun 1945.
3) Mampu bekerja sama dan
memahami pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan Undang – Undang Dasar
Tahun 1945.
D. Tujuan
Pembelajaran :
1) Siswa mampu berfikir
Kreatif.
2) Siswa mampu menghadapi
permasalahan dalam UUD NKRI Tahun 1945.
3) Siswa mampu bekerja sama
dalam menjelaskan materi kepada temankelompok yang membutuhkan bantuan.
4) Siswa mampu menjelaskanpengertian dasar Negara dan
konstitusi.
5) Siswa dapat terampil dan
cermat.
6) Siswa mampu menyebutkan isi
UUD NKRI dan pokok pikiran yang terkandung dalam UUD NKRI Tahun 1945.
7) Siswa dapat menjelaskan soal
– soal yang berkaitan dengan dasar Negara dan konstitusi
.
E. Materi Ajar
1) Dasar Negara dan konstitusi
2) Pembukaan UUD NKRI Tahun
1945.
3) Makna Pokok pikiran
F. Metode
Pembelajaran
·
Kooperatif Learning
·
Ceramah dan Diskusi kelompok
G. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
·
Salam
·
Memeriksa keadaan kelas (kebersihan kelas)
·
Memeriksa kehadiran peserta didik
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
10 menit
|
Inti
|
·
Penjelasan secara singkat mengenai dasar Negara dan konstitusi
·
Guru memberikan tugas kepada kelompok, dikerjakan oleh anggota kelompok
·
Tiap kelompok diberi tugas masing – masing
·
Siswa berdiskusi antar teman sekelompoknya
·
Siswa mampu menjelaskan keanggotaan yang lain sampai semua anggota
dalam kelompok dapat memahami
·
Guru sebagai Fasilisator mengamati kerja kelompok secara bergantian dan
memberikan bantuan bila perlu
·
Guru sebagai Fasilitator mengingatkan setiap siswa supaya menerapkan
keterampilan kooperatif dalam kerja kelompok selalui menghargai pendapat
orang lain dan memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menemukan
kelompoknya sendiri dan menjawab pertanyaan siswa bila diperlukan
·
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing – masing
·
Guru menyimpulkan hasil diskusi siswa
|
25 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang terbaik
·
Guru memberrikan soal sebagai tugas / pr mengenai dasar Negara dan
konstitusi
·
Guru mengahiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan pada siswa
agar membaca buku untuk topic selanjutnya dan mengucapkan salam
|
10 menit
|
H. Alat dan
Sumber Belajar
·
Spidol
·
Papan Tulis
·
Lap top
·
Lembar Kerja siswa
I. Sumber Belajar
·
Buku PKn SMK kelas X / I
J. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
NO
|
Aspek Yang Dinilai
|
Tekhnik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a)
Terlibat aktif dalam pembelajaran Dasar Negara dan Konstitusi.
b)
Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c)
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama Pembelajaran dan saat diskusi.
|
2.
|
Pengetahuan
a)
Menjelaskan kembali dasar Negara dan Konstitusi, Undang-Undang Dasar
Negara Republik dan makna pokok pikiran.
b)
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan dasar Negara dan Konstitusi.
|
Pengamatan dan Tes
|
Penyelesaian Tugas Individu dan Kelompok.
|
3.
|
Keterampilan
a)
Terampil menerapkan dasar Negara dan Konstitusi yang berkaitan dengan
Undang – Undang Dasar Negara Republik
Indonesia dan makna pokok pikiran
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas baik individu maupun kelompok dan saat diskusi.
|
K. Lembar Pengamatan Penilaian Sikap
Bubuhkan tanda benar (√ ) pada kolom – kolom sesuai dengan hasil
pengamatan.
NO
|
NAMA SISWA
|
SIKAP
|
||||||||
Aktif
|
Bekerja sama
|
Toleran
|
||||||||
1.
|
Dinda Aulia
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
2.
|
Kiki Aulia
|
|||||||||
3.
|
Ryan Prabowo
|
|||||||||
4.
|
Meralda
|
|||||||||
5.
|
Khoiria
|
Keterangan :
KB : Kurang Baik
B : Baik
SB : Sangat Baik
L. Tes
Tertulis
Soal :
1. Tuliskan pengertian dasar
Negara dan Konstitusi !
2. Tuliskan isi Perundang –
Undangan dasar Negara RI tahun 1945 !
3. Tuliskan makna pokok pikiran
Undang – Undang dasar NRI 1945 !
Jawab :
Pancasila adalah pedoman
dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan dalam berbagai
kehidupan. Aturan dasar hukum yang dibentuk untuk mengatur hubungan kerja sama
antara Negara dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“ Bahwa sesungguhnya
kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa sdan oleh sebab itu maka penjajahan
diatas dunia harus dihapuskan ………. “
Suatu pengaturan hak asasi
kebebasan atau kemerdekaan bangsa.
Pengaturan hak asasi sosial
yang berupa keadilan dan pengakuan ekonomi yang berupa kemakmuran dan
kesejahteraan
Hak kodrat yang dianugrahkan
oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada semua bangsa
Memuat tujuan Negara.
M. Lembar
Penilaian Kreativitas Siswa
Nama :
NO
SOAL
|
SKOR ASPEK YANG DI NILAI
|
JUMLAH SKOR
|
|||
Kelancaran
|
Keluwesan
|
Kejelasan
|
Keaslian
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
JUMLAH
TOTAL
|
Nilai Akhir ( NA ) =
Nilai
Akhir = jumlah total di bagi banyaknya
soal.
N. Lembar pengamatan Penilaian
Keterampilan.
Bubuhkan
tanda benar ( √ ) pada kolom sesuai
hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapakn
konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
Perbaungan, Juli 2013
Diketahui Oleh,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RAHMAT
LUBIS, ST D. SINAGA S.Pd.