Selamat Datang Di Blog Semangat Anak Negeri
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Semangat Anak Negeri,
Update Pengetahuan Kewarganegaraan anda disini
Silahkan Share Artikel Penting tentang kewarganegaraan Semoga Blog ini Memberikan Manfaat bagi Banyak Orang

Pengertian Teknik Diskusi dalam Layanan Bimbingan Kelompok

a)    Pengertian teknik diskusi kelompok
Menurut Sabri (2010:54) diskusi suatu kelompok untuk memecahkan suatu masalah dengan maksud untuk mendapat pengertian bersama yang lebih jelas dan lebih teliti tentang sesuatu atau untuk merampungkan keputusan bersama.

 Menurut Tohirin (dalam Damayanti, 2012:43) diskusi kelompok merupakan suatu cara di mana siswa memperoleh kesempatan untuk memecahkan masalah secara bersama-sama. Setiap siswa memperoleh kesempatan untuk mengemukakan suatu masalah. Dalam melakukan diskusi siswa diberi peran-peran tertentu seperti pemimpin diskusi dan notulis dan siswa lain menjadi peserta atau anggota. Dengan demikian akan timbul rasa tanggungjawab dan harga diri. Diskusi kelompok merupakan suatu cara dimana peserta didik memperoleh kesempatan untuk memecahkan masalah secara bersama-sama (Handayaningrum, 2013:23). Dapat disimpulkan bahwa diskusi kelompok yaitu suatu kegiatan dimana setiap anggota kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk menyumbangkan pikiran atau ide-ide dan pendapat yang dimilikinya dalam memecahkan masalah.

b)    Syarat diskusi kelompok
    Dalam menggunakan metode diskusi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan menurut Sabri (2010:54), yaitu sebagai berikut :
a. Persiapan perencanaan diskusi :
  • Tujuan duiskusi harus jelas, agar pengarahan diskusi lebih terjamin.
  • Peserta diskusi harus memenuhi persyaratan tertentu, dan jumlahnya dengan sifat diskusi itu sendiri.
  • Penentuan dan perumusan masalah yang akan didiskusikan harus jelas.
  • Waktu dan tempat diskusi harus tepat, sehingga tidak akan berlarut-larut.
b. Pelaksanaan diskusi
  • Membuat struktur kelompok (pimpinan, sekretaris, anggota).
  • Membagi-bagi tugas dalam diskusi.
  • Merangsang seluruh peserta untuk berpasrtisipasi
  • Mencatat ide-ide/ saran-saran yang penting
  • Menghargai setiap pendapat yang diajukan peserta
  • Menciptakan situasi yang menyenangkan
c. Tindak lanjut diskusi
  • Membuat kesimpulan/laporan diskusi
  • Membacakan kembali hasilnya untuk diadakan koreksi seperlunya.
  • Membuat penilaian terhadap pelaksanaan diskusi tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangan dan perbaikan pada diskusi-diskusi yang akan datang.
c)    Pengertian bimbingan kelompok teknik diskusi
 Layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu bagian dari layanan bimbingan dan konseling. Pengertian dan tujuan dari bimbingan kelompok telah dikemukakan oleh beberapa ahli, dimana dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok yaitu layanan yang diberikan dalam suasana kelompok dimana didalamnya terdapat pemimpin kelompok (Guru Pembimbing/ Konselor) dan anggota kelompok yang bertujuan untuk membahas masalah-masalah umum yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan berguna untuk mengembangkan pengetahuan siswa.

    Bimbingan kelompok memiliki beberapa teknik yang dapat digunakan  dalam pelaksanaannya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi kelompok. Kesimpulan dari defenisi tentang diskusi kelompok yang telah dikemukakan yaitu suatu kegiatan dimana setiap anggota kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk menyumbangkan pikirannya atau ide-ide dan pendapat yang dimilikinya dalam memecahkan masalah.

    Dari pengertian bimbingan kelompok dan diskusi kelompok yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam suasana kelompok dimana didalamnya terdapat guru pembimbing/konselor sebagai pemimpin kelompok dan anggota kelompok yang memiliki kesempatan yang sama untuk menyumbangkan pikirannya atau ide-ide dan pendapat yang dimilikinya dalam memecahkan masalah bersifat umum yang menjadi topic pembahasan

d)    Bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan pengendalian diri pada siswa yang memperoleh hasil belajar rendah.

    Bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan pengendalian diri ketika memperoleh hasil belajar rendah adalah upaya bantuan yang diberikan kepada  siswa yang dengan mempertimbangkan dinamika kelompok untuk meningkatkan kemampuannya mengendalikan diri yang diwujudkan dengan kemampuan mengendalikan pikiran dan perasaan, mengontrol perilaku, dan pengambilan keputusan ketika memperoleh hasil belajar rendah. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan pengendalian diri siswa yang memperoleh hasil belajar rendah, berfokus pada permasalahan-permasalahan siswa dalam mengatur dirinya ketika mendapatkan hasil belajar yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Permasalahan ini ditunjukan dari adanya perasaan kecewa dan sedih, pikiran-pikiran negatif terhadap guru, mengambil keputusan yang salah dalam bertindak sehingga melakukan perilaku salah suai.
Enter your email address to get update from Semangat Anak Negeri.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2014-2015. Semangat Anak Negeri - All Rights Reserved