Selamat Datang Di Blog Semangat Anak Negeri
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Semangat Anak Negeri,
Update Pengetahuan Kewarganegaraan anda disini
Silahkan Share Artikel Penting tentang kewarganegaraan Semoga Blog ini Memberikan Manfaat bagi Banyak Orang

Pengaruh Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan ciri model pembelajaran jigsaw

 Model pembelajaran efektif jigsaw

Untuk memilih model pembelajaran sebaiknya terlebih dahulu menentukan kecocokan antara materi dan model pembelajaran yang digunakan.yang tidak kalah penting juga adalah mengetahui bagaimanakah pengaruh dan efektifitas suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa yang nantinya akan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mengajar. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengaruh model pembelajaran koperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa. 
Menurut Marshal Mcluhan, (dalam Okklien, 2010:15), pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa antara lain:

1.      Bahan yang disajikan menjadi lebih jelas maknanya bagi siswa;

2.      Gairah belajar meningkat;

3.      Siswa menjadi lebih aktif melakukan aktifitas;

4.      Pembelajaran lebih menarik; dan

5.      Memberikan perangsang dalam pembelajaran.

Jigsaw telah dikembangkan dan diuji coba oleh Elliot Aronson  dan teman-temanya di Universitas Texas, dan kemudian diadaptasi oleh Slavin dan teman-temanya di Universitas John Hopkins. Dalam penerapan model pembelajaran Jigsaw, siswa dibagi berkelompok dengan anggota 5-6 orang. Materi pembelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks. Setiap anggota diberikan tugas untuk mempelajari bagian-bagian yang berbeda. Kemudian siswa yang mempelajari materi yang sama dari kelompok berbeda berkumpul dan berdiskusi. Kelompok ini dinamakan kelompok tim ahli. Selanjutnya masing-masing snggota tim ahli kembali ke kelompoknya semula dan menjelaskan apa yang telah dipelajari dan didiskusikannya dalam tim ahli. Setiap anggota kelompok lain juga melakukan hal yang sama sementara anggota yang tidak menjelaskan harus menyimak dan memahami penjelasan teman kelompoknya sehingga pada saat diadakan kuis seluruh siswa dalam kelompok dapat menjawab semua pertanyaan secara individu. Permisalan diatas adalah contoh sederhana dalam pelaksnaan pembelajaran jigsaw. Berikut adalah  Langkah-langkah Model Pembelajaran jigsaw yang efektif dan komprehensif.


Ciri-Ciri pelaksanaan Model Pembelajaran Jigsaw

 

Sebelum Memahami dan melaksanakan Langkah-lahkah pembelajaran Jigsaw ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu tentang unsur dan ciri-ciri model jigsaw itu sendiri. 

Menurut Elliot Aronson, (dalam Okklien, 2010: 14), model pembelajaran Jigsaw memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
  1. Siswa dalam kelompoknya haruslah beranggapan mereka sehidup sepenanggungan;
  2. Siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu dalam kelompoknya seperti milik mereka sendiri;
  3. Siswa haruslah melihat bahwa semua anggota di dalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama;
  4. Siswa haruslah membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya;
  5. Sikap akan dikenakan evaluasi atau diberikan hadiah/penghargaan yang juga akan dikenakan untuk  semua anggota kelompok;
  6. Siswa berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama dalam proses belajarnya; dan
  7. Siswa akan diminta pertanggung jawaban secara individual materi yang ditanggani dalam kelompok kooperatif.
Menurut Scott Garden, (dalam Okklien, 2010: 15), model pembelajaran Jigsaw memniliki cirri-ciri sebagai berikut:
  1. Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajar.
  2. Kelompok dibentuk dari siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
  3. Anggota kelompok berasal dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
  4. Penghargaan lebih berorientasi  pada kelompok ketimbang individu.

Jika pembelajaran yang anda lakukan selama ini memenuhi kreteria diatas maka layak pembelajaran anda disebut dengan pembelajaran jigsaw dan hanya tinggal mengembangkan dari apa yang telah anda lakukan selama ini didalam kelas. karena model pembelajaran jigsaw mempunyai pengaruh tersendiri terhadap hasil belajar siswa.



Enter your email address to get update from Semangat Anak Negeri.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2014-2015. Semangat Anak Negeri - All Rights Reserved